JAVADVENTURE II, Hari 4 – Jogja – Malang

Hari 4 – 27 desember 2014

5:00 – Uyeah… udah pagi lagi, beberes mandi, solat, lalalal…

6:00 – gw udah siap siap pergi lagi, tapi kakak gw nyuruh gw sarapan, dan diajak ngobrol lagi, dan akhirnya baru keluar penginapan jam 10pagi

10:00 – Rumah makan nasi kuning kemarin kayaknya enak juga nih pagi pagi, sip lah makan disana, udah deket, murah lagi. Makan yang banyak dah masih ada 500km untuk sampai bromo.

JAVADVENTURE II - DAY 4

Pesan menu yang sama kayak hari kemarin

11:00 – Cuaca pagi ini relatif terang di beberapa titik, hmmm tapi pas mulai jalan baru aja masuk ringroad udah di guyur ujan, hahahah. Rejeki anak soleh, bercumbu dengan bumi melalui air dari langit.

Terlihat di timur sana sudah mulai gelap

12:00 – Melewati Wonosari, Ternyata jalur ini masih ramai dengan para wisatawan yang hendak pergi ke pantai selatan. Macet, hujan, hawa kendaraan mulai memanas, di tambah dengan jaket + rompi + jas hujan Mezzo di badan, asleeeee kayak sauna suasananya.

13:00 – setelah beberapa kilometer ber macet ria dengan beban 300kg lebih di atas motor, jalanan yang gw lalui sudah mulai sepi, semakin ke timur semakin sepi. kali ini gw mengarah ke pacitan. kali ini gw ga sendiri, Hujan masih setia menemani perjalan ini.

Hujan sejak menapak di Gunung Kidul

Setelah 2 jam dan masih hujan

14:00 – Sampai di pacitan, gw dihadapkan oleh 2 belahan jalan, kalo dirunut, yang kanan tembus trenggalek lewat prigi, yang satunya lewat jalur provinsi. Hmmm, Ponti menyarankan gw untuk lewat pantai prigi, tapi pas gw sedikit melakukan kalkulasi, gw akan kemalaman lewat tengah hutan, dengan trek yang kriting, pasti makan waktu lebih dari 5 jam untuk sampai disana. Sedangkan target gw sudah masuk malam tengah malam, dengan pertimbangan, kalo ga hujan berarti bisa sunrisean di bromo. Akhirnya gw pilih lewat jalur provinsi, untuk mengantisipasi hal yang mustahil dan lainnya. Setelah bertanya dengan warga sekitar ternyata gw salah arah, dan muter balik lagi.

Jalan antara Gunung Kidul – Pacitan

Hujannya makin ga karuan deresnya, sepatu udah kayak kobokan rasanya

16:00 – Aje gileee… hujan tak kunjung berhenti, Jas hujan Mezzo ini memelukku erat sekali, seakan tak mau berpisah. Ye kelesss kalo ga make jas ujan udah kisut ini badan basah semua.

Sebelum memasuki jawa timur, gw melewati beberapa perbukitan batuan, ya jadi bukit, tapi batu semua gitu isinya. Jalur ini sangat sepi, terhitung cuma beberapa mobil yang lewat, hmmmm kalo udah gelap kayaknya makin serem aje kalo lewat sini, mana ga ada penerangan jalan lagi.

Sekitar 40km sebelum masuk ponorogo gw berhenti di salah satu masjid yang sepi, damn, ini masjid sepi banget, eh ternyata ada 1 orang yang sedang solat juga. sempet ngobrol, mas itu mengatakan kalo hujan dari ponorogo, wah artinya 40 km kedepan masih akan hujan nih. Masjid ini terbilang biasa aja, tapi gunung batu yang sedang berkabut itu ga biasa banget. thats why gw solat disini. Habis solat duduk2 depan masjid sambil ngeliatin gunung itu, eh itu bukit deh, maap, saya salah.

JAVADVENTURE II - DAY 5

Jalana depan musolah yang gw berenti

JAVADVENTURE II - DAY 4

Beberapa puluh Kilometer sebelum masuk perbatasan jawa timur, melewati perbukitan batu yang sepi

Pacitan

East Java

JAVADVENTURE II - DAY 5

Kalo lagi kering tempat ini keren loh buat di foto, tembok batunya warna warni.

Kalo lagi hujan hmmmm masih cakep sih, tapi sayang longsor

Longsoran

Longsor

Lalu lintasnya lumayan sepi

Sungaipun terlihat deras sekaleee

JAVADVENTURE II - DAY 4

Ada masjid yang cukup besar, dan cakep. Demen aja liatnya.

Chemonk v.2 udah lepek banget

Disela perjalanan menuju Ponorogo, hujan pun sudah mulai menurun intensitasnya. Yes, bisa cari spot buat poto2 dah :D. Ada bebeapa spot yang menarik, seperti tempat dimana orang2 yang menebang pohon menaruh batang disana, dan pinggiran sungai yang deras di latar belakangi oleh bukit yang berkabut. Ter-ingat ucapan mas Widyawarna “tips memotret sambil jalan2 adalah, jangan males keluarin kamera.”uyeaaahhh. Tampa pikir panjang, parkirkan motor, dan ambil kamera dari box belakang, dan Jepret deh.

JAVADVENTURE II - DAY 4

Canon EOS 60D – Lens: EF-S15-85mm f/3.5-5.6 IS USM – ƒ/9.0 – F: 85.0 mm – S: 1/50 – iso:125

Canon EOS 60D – Lens: EF-S15-85mm f/3.5-5.6 IS USM – ƒ/9.0 – F: 15.0 mm – S: 1/25 – iso:125

Canon EOS 60D – Lens : EF-S15-85mm f/3.5-5.6 IS USM – ƒ/6.3 – F: 15.0 mm – S: 1/50 – iso:250

JAVADVENTURE II - DAY 4

Canon EOS 60D – Lens : EF-S15-85mm f/3.5-5.6 IS USM – ƒ/6.3 – F: 38.0 mm – S: 1/50 – iso: 250

Canon EOS 60D – Lens : EF-S15-85mm f/3.5-5.6 IS USM – ƒ/7.1 – F: 85.0 mm – S: 1/40 – iso: 640

17:00 – 2 jam masih diguyur hujan, wah ini sih ngelewatin malem di hutan ponorogo nih, semoga rame deh. sebelum jalan gw makan dulu di warung AJIB namanya asoy kan. lokasinya pas banget di gerbang timur pacitan. Beres makan dan pipis, gw lanjut lagi jalan, masih jauhhhh… berharap di hutan nanti dapet temen riding, TEMEN BENERAN!!!

Ajib dah

18:00 – Waduh udah masuk tengah hutan nih, hmmm kayaknnya bisa puluhan kilo nih, ah yasudah nikmati saja, bismillah yang banyak dah. aspal basah bekas hujan dari siang masih telihat, bahkan di beberapa titik sudah mulai rintik gerimis kembali.

19:00 – Ala ala anak turing gw memepet plat lokal yang style turing juga, YES ga beberapa lama gw berhasil klakson satu pengendara dengan plat nomer AG, berarti anak sini nih. berhasil jalan bareng aseeekk ga sendirian, kita bareng sampe mau masuk kota trenggalek, sempet ngarep buat di culik, eh ternyata kaga T-T. Di lampu merah gw tanya arah jalan menuju trenggalek, dan si mas itupun menunjukkan jalannya, Matur suwun yo lur. Kok ada plang PRiGI ya, hmm ini pantai yang tadi sore mau gw sambangin, setelah nelpon ponti dan benar sodara sekalian, jaraknya masih 30 km lagi. Kalo gw tadi milih jalur paling ujung selatan, alamat bakalan kemaleman di hutan dah.

21:00 – selama perjalanan tengah kota ga ada yang asik, kecuali orang lalu lalang, anak muda pada malem mingguan, dan banyak cabe-cabean, udah gitu aja sih. Yang ada mereka tuh pada ngeliatin gw, mereka pikir ada alien dari mana kali naek motor gede, bawaan segambreng, pake jas hujan pula…

JAVADVENTURE II - DAY 4

Nah motor Verza yang depan itu nganterin gw sampe gerbang Trenggalek, Terima kasih banyak mas. 😀

22:00 – Sebelum masuk blitar gw sempet bertemu dengan rombongan 3 motor dari jakarta, mereka baru dari dieng dan akan ke bromo juga, tapi mereka mau istirahat di malang dulu dan baru lanjut ke bromo besok pagi jam 8. Kita ngobrol2 bentar, dan lanjut rolling bareng menuju maalang. Niatnya sih biar ga ngantuk bisa nempel mereka, ternyata bawannya edan juga lari diatas 90Kpj, padahal itu GL-pro, ninja 2tak dan scorpio. Inajuma gw di kentutin doang, akhrinya disebuah pom bensin gw nyerah dah, gw suruh duluan aja, sedangkan gw pipis dulu.

23:00 – Ternyata akses masuk dari karangkates tertutup, katanya ada longsoran, jadinya arus lalu lintas di putar lewat waduk karangkates, sayang malem, kalo sore ni waduk cakep bener dah. nah disini gw sempet mikir, shit apa gw mimpi ya, jalanannya aneh nih, jangan2 gw di bawa genderuwo atau semacamnya, pas gw tanya sama penjaga pintunya dia cuma bilang “iya mas, disana ada longsoran” Alhamdulilah gw masih tersadar. Ga lama setelah itu gw masuk tengah kota kecil gitu di blitar, semacem kawasan pecinan pasar gitu. Banyak tukang jualan makanan, wah kebetulan nih belom makan dari lahir bro!!! riding pas hujan itu bener bener bikin laper, makan indomie enak nih (sponsor mana ya sponsor)…

24:00 – setelah makan, dan ngobrol dengan warga sekitar jualan nasi goreng tersebut gw lanjut jalan lagi. Cuaca masih gerimis mengundang nih, ckckck…